Penyebab FAM ( Fibroadenoma Mammae )

Mengenal Penyebab FAM ( Fibroadenoma Mammae ) Dan Cara Mengatasinya !

Anda menderita fibroadenoma mammae ? sudah tahukah anda apa penyebab fam ( fibrodenoma mammae ) itu ? mari kenali fibroadenoma mammae beserta gejala dan penyebabnya.

Fibroadenoma mammae adalah salah satu jenis tumor jinak yang banyak diderita oleh wanita. Benjolan pada fibroadenoma mammae tersebut berasal dari jaringan fibrosa (mesenkim) dan jaringan glanduler (epitel) yang berada di payudara, benjolan tersebut biasanya dapat berbentuk bulat atau oval, bertekstur kenyal atau padat, dapat di gerakkan dan kadang disertai rasa sakit, terkadang tidak terasa sakit.
Baca Juga : Apa Obat Untuk Menyembuhkan Benjolan Di Payudara
Siapa sajakah yang dapat menderita fibroadenoma mammae ?

Tentunya setiap orang wanita dapat menderita fibroadenoma mammae ini. Namun wanita yang berumut remaja hingga 25 tahun lebih lebih banyak ditemukan penderitanya. ( atau pendapat lainnya diantara usia 16 -35 tahun )

Apa penyebab FAM ( FibroAdenoma Mammae ) ?

Sejauh ini, belum diketahui pasti apa penyebab FAM ( Fibroadenoma Mammae ) ini. Namun, beberap ahli menyatakan bahwa penyebab FAM ( Fibroadenoma Mamae ) ini berhubungan dengan faktor hormonal.

Faktor hormonal diduga menjadi penyebab fam ( fibroadenoma mammae ), sebab pada siklus hormonal seperti menstruasi, atau kehamilan, benjolan fibroadenoma dapat mengalami perubahan bentuk, menjadi lebih besar.

Apakah FAM ( FibroAdenoma Mammae ) itu berbahaya ?

Fibroadenoma ini termasuk jenis tumor jinak, sehingga tidak membahayakan tubuh seperti tumor ganas. Fibroadenoma mammae ini juga sangat jarang berubah menjadi kanker / tumor ganas, meski tidak menutup kemungkinan dapat menimbulkan kanker.

Rasa sakit yang dirasa oleh penderita FAM biasanya tergantung dari besar ukuran serta letak benjolan tersebut, sebab biasanya letak atau ukuran benjolan dapat menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah, sehingga menimbulkan rasa sakit.
Baca Juga : Obat Untuk Fibroadenoma Mammae
Apakah fibroadenoma mammae perlu diangkat atau dilakukan tindakan operasi ?

Fibroadenomma mammae merupakan jenis tumor jinak, dimana tumor jinak ini tidak berbahaya untuk tubuh. Ada beberapa pendapat, dimana ada yang menyarankan segera diangkat, dan adapula yang membiarkannya terlebih dahulu menunggu perkembangannya.

Dan perlu anda ketahui, benjolan fibroadenoma mamme sendiri dapat mengecil bahkan menghilang dengan sendirinya.

Untuk mengambil langkah operasi, tentunya diperlukan kesiapan mental, dimana kebanyakan orang enggan untuk melakukan tindakan bedah ini, dengan alasan berbeda.

Dokter bagian Bedah Onkologi Siloam Hospitals Makassar, dr John Pieter Jr SpB(K) Onk mengatakan " para perempuan yang takut menjalani operasi seharusnya tidak perlu terburu-buru untuk menjalani operasi. Apalagi bila ukuran benjolan masih kurang dari 1 sentimeter " ( tribunnews.com )

Bukan tidak mungkin juga, setelah seseorang menjalani operasi, benjolan dapat tumbuh kembali setelah beberapa bulan atau beberapa tahun setelah menjalani operasi pengangkatan tumor. Operasi juga dapat merubah tekstur payudara.

Jadi perlu pertimbangan yang matang, untuk menentukan tindakan apakah harus segera dilakukan tindakan operasi. Dan berkonsultasilah dengan dokter di bidangnya.

Untuk mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi pada payudara anda, lakukan langkah SADARI ( periksa payudara sendiri ) hal ini bisa anda lakukan dengan menghadap cermin serta meraba daerah sekitar payudara.

Semoga informasi seputar penyebab FAM ( fibroadenoma mammae ) ini bermanfaat untuk anda.