Cara Mencegah Kanker Ovarium

Cara Mencegah Kanker Ovarium - Kanker ovarium merupakan suatu kondisi yang dimana adanya pertumbuhan sel-sel kanker didalam indung telur. Kanker ini merupakan jenis kanker yang membahayakan tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian. Kanker ovarium ini bisa terjadi pada siapa saja,namun kanker ini lebih sering menyerang wanita yang sudah memasuki masa menopause atau usia 50 tahun keatas. 

Setiap orang yang terkena kanker ovarium akan menimbulkan gejala yang berbeda-beda, bahkan ada juga yang sampai tidak menimbulkan gejala sama sekali. Sebenarnya, gejala kanker ovarium pada awalnya memang tidak jelas, terutama pada stadium awal. Jikapun kanker ovarium ini menimbulkan gejaladan tanda kanker ovarium, gejala-gejala tersebut dapat menyerupai konstipasi. Oleh karena itu, kanker ovarium baru terdeteksi ketika kanker sudah menyebar dalam tubuh. 

Cara Mencegah Kanker Ovarium 


Kanker ovarium memang telah menjadi salah satu jenis kanker utama yang mematikan bagi kalangan wanita, penyakit ini menduduki posisi ketujuh diantara jenis kanker lainnya. Setiap tahunnya, kanker ini terus menerus bertambah. Lalu, bagaimana cara mencegah kanker ovarium agar tidak terus bertambah ? 
  • Penggunaan Alat Kontrasepsi 
    Alat kontrasepsi seperti kondom dapat mencegah penularan virus HPV yang menyebabkan kanker ovarium. Jadi sangat penting sekali menggunakan alat kontrasepsi saat ingin melakukan hubungan, hal ini bertujuan untuk menghindari dari penularan virus-virus melalui seks. Sedangkan penggunaan pil KB yang digunakan setidaknya selama 10 tahun terbukti dapat mencegah kanker ovarium hingga 50 %. Namun, disisi lain penggunaan pil KB dapat meningkatkan seseorang terkena kanker payudara, jadi perlu berfikir matang-matang jika ingin menggunakannya. 
  • Menjalani Kehamilan Dan Menyusui 
    Perlu untuk anda ketahui, bahwa wanita yang menyusui lebih dari 13 bulan memiliki risiko kecil untuk terkena kanker ovarium. Menurut dari hasil penelitian, ibu menyusui dapat membantu mencegah kanker ovarium karena dapat menunda ovulasi. 
  • Pola Makan Sehat 
    Mengkonsumsi jenis makanan yang sehat tentunya sangat penting, selain untuk menyehatkan tubuh, mengkonsumsi jenis makanan yang sehat dapat membantu anda menghindari serta mencegah terjadinya penyakit yang membahayakan. Pilihlah jenis makanan yang nutrisinya saling melengkapi, terutama makanan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi dapat membantu mencegah munculnya sel kanker ovarium. 
  • Penggunaan Pembalut 
    Memperhatikan penggunaan pembalut aman tentunya hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena pasalnya penggunaan pembalut yang tidak aman dapat mempengaruhi organ intim wanita. Perlu untuk anda ketahui juga, pembalut yang beredar dipasaran tidak semuanya aman untuk digunakan. Kebanyakan pembalut yang beredar dipasaran diproses dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya, yang dimana jika digunakan dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan infeksi mutasi pada organ reproduksi wanita termasuk ovarium. Kondisi ini tentu saja dapat menyebabkan terjadinya kanker ovarium yang akan membahayakan kondisi tubuh. 
  • Menjaga Kebersihan
    Menjaga kebersihan organ intim serta reproduksi sangatlah penting, hal ini bertujuan untuk menghindari bersarangna mikroorganisme diarea tersebut, yang dapat meningkatkan risiko munculnya kanker ovarium. 
Dan itulah beberapa cara mencegah kanker ovarium yang bisa anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan anda untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang kanker ovarium.